Pengalaman Perpanjang SIM di Lippo Mall Sidoarjo

        Jum’at 2 Februari 2018, saya niatkan diri untuk mengurus sim saya yang akan expire 2 minggu lagi. Seperti biasanya saya suka mencari informasi lebih dulu lewat google dengan membaca pengalaman-pengalaman orang lain. Kebanyakan pengalaman mengurus perpanjangan SIM di SIM Corner Sun City Sidoarjo. Awalnya saya kurang yakin apakah layanan SIM Corner masih tersedia atau tidak. Kemudian saudara saya menyarankan untuk mengurus di Lippo Mall saja karna lebih cepat. Tapi saya juga kurang yakin karna berdasar informasi di internet, layanan SIMling Lippo Mall khusus untuk KTP luar kota. Jadi saya mencoba ke suncity mall lebih dulu. Saya berangkat dari rumah pukul 9 pagi. Setibanya disana, mall masih sepi, belum banyak toko yang buka. Saya langsung menuju ke lantai dua, tepat di bawah Hartono Elektronik. Sampai disana, saya sudah pesimis karna melihat antrian yang bikin mual. Dengan langkah gontai (biar lebih dramatis), saya menuju counter yang bahkan sampai tidak terlihat karna tertutup antrian. Sampai di depan counterpun saya sulit bertemu petugas untuk sekedar bertanya karna mereka juga terlihat sedang sibuk melayani. Akhirnya seorang ibu-ibu dengan baik hati memberi info jika ingin memperpanjang sim sebaiknya datang pukul 6 pagi untuk membuat antrian. Saya pun memutuskan untuk segera ke Lippo Mall karna saya takut sistemnya juga sama. Sampai disana mobil SIMling bertuliskan “Khusus Perpanjangan SIM A dan C” sudah terlihat dari tempat parkir motor, mobilnya tepat di samping pintu masuk. Antriannya memang jauh lebih sedikit dari simcorner giant suncity. Baru saja saya merasa lega, ternyata petugas menginformasikan bahwa hari itu kuota sudah habis jadi saya diminta untuk datang esok hari sebelum pukul 9 pagi. Saya pun memutuskan untuk pulang.
       
       Hari ini, Sabtu 3 Februari 2018 saya kembali lagi ke Lippo Mall lebih pagi karna tidak ingin kehabisan kuota seperti kemarin. Pukul 8 pagi saya sudah tiba di sana. Terlihat beberapa orang yang sudah berdiri di samping pintu masuk. Mobil SIMling ataupun petugas belum datang, hanya karyawan-karyawan mall yang sudah ramai berdatangan. Setelah sekitar 10 menit saya hanya ikut berdiri disana, seorang ibu-ibu berinisiatif menumpuk fotocopy KTP yang kami bawa untuk membuat antrian. Tidak lama setelelah itu seorang petugas datang untuk mengambil antrian tersebut kemudian menginformasikan lagi apa saja yang harus disiapkan. 30 menit kemudian sekitar pukul 9 pagi mobil SIMling pun tiba. Setelah petugas menyiapkan meja dan peralatannya, kami dipanggil satu persatu untuk dimintai KTP dan SIM asli yang masih berlaku dan surat keterangan sehat (jika ada). 

                                                    sesaat setelah mobil simling tiba

           Setelah itu kami menunggu dipanggil lagi untuk tes kesehatan dan mengisi form yang sudah disiapkan petugas. Untuk tes kesehatan hanya ditensi dan tes mata. Bagi yang telah memiliki surat keterangan sehat hanya mengisi form saja kemudian membayar biaya tes kesehatan sebesar Rp 30.000 dan asuransi sebesar Rp 30.000 per SIM (bagi yang mengurus SIM A dan C sekaligus biaya dikalikan 2). Sebetulnya proses perpanjangan SIM cukup cepat dan mudah hanya saja kita perlu bersabar dengan antriannya saja. Setelah tes kesehatan dan mengisi form kami menunggu dipanggil lagi untuk verifikasi data, foto, cap jempol dan tanda tangan. SIM baru langsung bisa dicetak, KTP asli dikembalikan dan membayar sebesar Rp 75.000 untuk SIM C dan Rp 85.000 untuk SIM A. SIM baru pun sudah siap dibawa pulang. Untuk proses verifikasi data sampai pencetakan SIM sendiri tidak sampai 10 menit. Jadi segera cek tanggal kadaluarsa SIM anda, karna terlambat 1 hari saja maka anda harus siap mengurus SIM baru di Polres yang prosesnya njelimet luar biasa itu.

                                    penampakan sim baru yang telah diperpanjang masa berlakunya 

Yang perlu disiapkan:
-          Fotocopy E-KTP asli 2x (atau surat keterangan sudah merekam)
-          Fotocopy SIM asli yang masih berlaku 2x
-          Tes Kesehatan Rp 30.000/SIM
-          Asuransi Rp 30.000/SIM
-          SIM A Rp 85.000
-          SIM C Rp 75.000


*Note: petugas hanya melayani perpanjangan SIM maksimal 3 minggu sebelum expired.

Komentar

  1. Mbak kalo sehari atau 2 hari sebelum expired gitu tidak bisa melayani kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak asal nggk lewat batas expired. langsung aja dateng ke sim corner atau mobil simling terdekat, proses cuma satu hari langsung jadi.

      Hapus
    2. Hanya butuh waktu 1 jam proses selesai.

      Hapus
  2. maaf apakah di sim corner lippo plaza buka tiap hari mbk?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka tiap hari jam 09.00 kecuali hari Minggu dan libur nasional.

      Disarankan datang ke parkiran pintu masuk Lippo sebelum jam 07.00 agar dapat antrian (kuota terbatas hanya 50 perhari)

      Hapus
    2. Kalo sim nya udah mati gg bisa ya dperpanjang di sim corner

      Hapus
  3. Kemaren 27 Maret 2018 saya urus perpanjang SIM A. Jam 07.30 sudah di parkiran Mall Lippo dan yang datang ada sekitar 10 orang.

    Tepat jam 08.00 dua orang petugas dengan seragam Asuransi Bhakti Bhayangkara datang mengambil tumpukan nomor antri dan menukar dengan SIM asli yang akan diurus.

    Jam 8.45 mobil SIM keliling tiba di lokasi dan petugas langsung seting meja, kursi dan lainnya untuk pelayanan.

    Tepat jam 09 pagi registrasi dimulai sesuai dengan antrian.

    Yang perlu disiapkan :
    a.KTP Asli yang masih berlaku + 2 lbr
    fotocopynya
    b.SIM Asli yang masih berlaku + 2 lbr
    Fotocopynya
    c.Surat Keterangan Sehat dari dokter
    Jika tidak bawa petugas menyediakan
    dokter di tempat untuk test tensi
    darah dan tes mata (warna) dengan
    biaya Rp.30K
    d.Membayar asuransi kecelakaan Diri
    Pengemudi sebesar Rp.30K.

    setekah itu proses mengisi formulir dan diserahkan kepada Petugas.

    Saya menunggu proses selanjutnya.
    Pukul 09.50 saya dipanggil ke dalam mobil SIM Keliling untuk proses terakhir pembuatan SIM (Foto, Sidik Jari dan Tandatangan).
    Hanya butuh waktu kurang dari 5 menit SIM baru saya sudah tercetak dan saya harus membayar biaya cetak SIM A sebesar Rp.80K. (Belum tau biaya untuk SIM yang lain).

    Catatan:
    1.Kuota hanya 50 nomor antri perhari
    2.Buka Setiap hari (dari jam 09.00)
    kecuali hari Minggu dan Libur
    Nasional
    3.Disarankan datang dibawah jam 07.00
    dikarenakan kuota yang sedikit.
    4.Siapkan dari rumah KTP dan SIM asli
    masing-masing difotocopy 2 lbr.
    5.Pelayanan di parkiran Lippo Mall
    Sidoarjo hanya melayani pengurusan
    SIM di luar Sidoarjo. Untuk
    pengurusan dengan identitas diri di
    luar Sidoarjo disarankan untuk
    mengurus di Sun City Mall atau
    Polresta Sidoarjo.

    _____GOOD LUCK _____

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poin nomor.5 kok bikin bingung? mksdny gmn?

      Hapus
    2. Point nomor 5 kok luar kota sidoarjo semua..yg dimisili sidoarjo g di aebutkan...

      Hapus
    3. Mau tanya pak kalo SIM saya Blora Jawa tengah Tp saya baru pindah KK Sidoarjo 2017 dan masih dapat suket...SIM saya habis April 2018 apakah bisa ngurus d Lippo mall... thanks

      Hapus
    4. Kalo uda seminggu expaint gimana apa masi bisa perpanjangan di sim corner?

      Hapus
    5. @Fika Okta : Penjelasan no.5
      Hanya melayani e-KTP diluar Sidoarjo. Tapi kadang petugas kasih keringanan membolehkan e-KTP SDA tergantung situasi dan kondisi. Untuk KTP SDA mengurusnya di Sun City Mall atau Polresta Sidoarjo.

      Hapus
    6. @Lazufa Atika Kurniasih :
      Syarat perpanjangan SIM di SIM Corner salah satunya adalah
      "b.SIM Asli YANG MASIH BERLAKU + 2 lbr Fotocopynya"

      Hapus
    7. Klo perpanjangan sim luar kota ap bs langsung dipolresta sda

      Hapus
    8. Klo perpanjangan sim luar kota ap bs langsung dipolresta sda

      Hapus
  4. Kalau expirednya kurang 4 minggu..gpp di urus di sim.corner..

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Sim keliling lippo plaza sidoarjo apa hanya untuk perpanjangan sim luar kota saja.... Kalo yg asli sidoarjo apa juga dilayani juga....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simling Lippo plaza melayani perpanjangan sim bagi yg berKTP luar kota maupun asli Sidoarjo

      Hapus
    2. Mau tanya kalo SIM saya Blora Jawa tengah Tp saya baru pindah KK Sidoarjo 2017 dan masih dapat suket...SIM saya habis April 2018 apakah bisa ngurus d Lippo mall... thanks

      Hapus
    3. Waktu saya daftar, saya liat ada yang datang dengan KTP Sidoarjo ditolak halus oleh petugas, karena kuota 50 hanya memberikan kesempatan bagi orang yang jauh-jauh. Tapi kalau bisa berarti rezekinya dari pelayanan petugas yang baik hati.

      Hapus
  7. Kok comentnya beda2 y....ada yg bilang d lippo khusus untuk luar kota,klo domisili sdoarjo gk bisa ta. Yg benar yg mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ktp asli sidoarjo dan tetap dilayani mengurus perpanjangan di simling lippo plaza

      Hapus
  8. Mau tanya kalo SIM saya Blora Jawa tengah Tp saya baru pindah KK Sidoarjo 2017 dan masih dapat suket...SIM saya habis April 2018 apakah bisa ngurus d Lippo mall... thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, asal membawa fotocopy ktp dan fotocopy sim yg akan kadaluarsa. Silahkan segera mengurus perpanjangan karna jika mengurus di tgl habisnya masa berlaku sim harus mengurus baru di polres

      Hapus
  9. sim saya tgl 1april kmaren mati
    Apa bisa ya diperpanjang di simpen corner sidoarjo ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sim yang sudah melewati batas expired harus mengurus sim baru di polres

      Hapus
  10. Sama mas. Gimana uda di perpanjang belum?

    BalasHapus
  11. Jadi nyiapkan fotokopi ktp sama sim aja ya? Untuk dokternya uda pasti ada disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotocopy ktp dan sim saja 👌
      Surat sehat sudah disediakan disana.

      Hapus
  12. Klo mau perpanjangan sim Expired pas tglnya apa masih bs diperpanjang dan hr sabtu apa buka mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, segera diperpanjang lewat simling agar lebih cepat prosesnya. Hari sabtu buka seperti biasa, saya sendiri datang hari sabtu, kalau bisa datang sebelum jam 8 agar kebagian kuota.

      Hapus
    2. Mau tanya sim sy uda expaint seminggu apa masi bisa di sim corner?

      Hapus
  13. Saya lupa fotocpy apa masih bisa ya 😅

    BalasHapus
  14. Simling sidoarjo d mana aja si

    BalasHapus
  15. Mantap sangat bermanfaat infoinformasinya

    BalasHapus
  16. Kalo expaid 4 bulan lg boleh nggak diperpanjang?? Soalnya SIM Blora Jawa tengah tp KK udah Sidoarjo

    BalasHapus
  17. Kalo untuk dalam kota gk bisakah d lippo

    BalasHapus
  18. Biaya setelah Poto kok 135rb,kesehatan sudah dan asuransi sebesar 30rb.untuk perpanjangan yang benar berapa 75rb apa 135rb?

    BalasHapus
  19. Jam brp buka?? Apa kah kuota terbatas

    BalasHapus
  20. Minta no antriannya sama siapa ya klo brangkat jam 7 pagi?

    BalasHapus
  21. Minta no antriannya sama siapa ya klo brangkat jam 7 pagi?

    BalasHapus
  22. Yang mau perpanjang sim di lippo sekarang jam 06.30 masih sepi
    Masih sekitar 5 orang yg antri

    BalasHapus
  23. klu ktp saya luar kota ap bisa ngurus sim coner di sdrj...
    tlng info lengkapx....
    terima kasih....

    BalasHapus
  24. sim keliling hari senin dulu d parkir ramayana krian, sekarang pindah kemana ya ??? menurut info d depan polsek krian, jam 9.10 kok tidak ada. mohon informasinya dan terimakasih

    BalasHapus
  25. Mohon infonya apakah SIM 2bulan sebelum expired bisa diperpanjang di Lippo Mal Sda?? KTP Sda, tp SIM masih Jember, karena baru ganti KTP..
    Dan apakah sabtu memang benar tutup?? Posisi skrg di Bekasi, takutnya jauh2 ke Sda ternyata tutup kan lumayan juga..

    BalasHapus
  26. Mohon infonya apakah SIM 2bulan sebelum expired bisa diperpanjang di Lippo Mal Sda?? KTP Sda, tp SIM masih Jember, karena baru ganti KTP..
    Dan apakah sabtu memang benar tutup?? Posisi skrg di Bekasi, takutnya jauh2 ke Sda ternyata tutup kan lumayan juga..

    BalasHapus
  27. Oktober 2018 coba perpanjang sim di lippo plaza.. Luar kota sda bisa, dalam kota juga bisa,, buka senin -sabtu jam 9.00 - selesai (50 kuota).

    Saya datang jam 06.30 dapat urutan ke-4. Mobil datang jam 9, tapi ada petugas yg ambil antrian jam 8.30 an

    Antrian dg cara menaruh sim asli di kotak kardus kecil (tanya2 aja kl g tau tempatnya, biasanya dibawah pohon kecil di parkiran)

    Persiapan:
    Sim asli, ktp asli
    Fotocopy sim & ktp @2 lembar
    (jika tidak siap FC, bisa fotocopy di petugas kena biaya 2rb)
    Bolpoint (jaga2 meski disana sudah ada 7 bolpoint disiapkan petugas)

    Biaya:
    30rb asuransi+ 30rb kesehatan (bayar diawal)
    75rb sim c (bayar wktu foto)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini saya udah di parkiran lipo kog gk ada mobnya

      Hapus
    2. Masih ada gak ya SIM kelilingnya

      Hapus
    3. Unknow: jam 12 siang maksimal ud tutup, tiap senin-sabtu

      Wiwik m: masih terus buka selamanya

      Hapus
    4. Surat kesehatannya bawa sendiri atau disana ya?

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  29. Ktp baru pindah sda apa bsa langsung urus tanpa jabut bendel

    BalasHapus
  30. Ktp baru pindah sda apa bsa langsung urus tanpa jabut bendel

    BalasHapus
  31. Sim surabaya tapi ktp sidoarjo apa bisa perpanjangan sim di giant sun city sidoarjo # terimaksih

    BalasHapus
  32. SIM saya masih Kediri, tp KTP sudah Sidoarjo dan expired SIM saya masih 2 bulan lagi, apa bisa mengurus perpanjangan nya di Lippo Plaza?

    BalasHapus
  33. Sim saya pasuruan. Tpi ktp sidoarjo. Apa bisa perpanjang sim tetap sim pasuruan. Mohon pencwrahan nya

    BalasHapus
  34. Sim saya pasuruan. Tpi ktp sidoarjo. Apa bisa perpanjang sim tetap sim pasuruan. Mohon pencwrahan nya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer